Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TOKOH DUNIA MENGABDI DEMI TINTA

Pada kesempatan kemarin, tepatnya tanggal 7 juni 2013, Thom Brown hadir di depan para jurnalis Jakarta untuk membagikan pengalamannya yang kini ia tekuni sebagai ahli teknologi tinta untuk mesin printer, khususnya produsen printer Hewlett-Packard (HP). Thom Brown sudah mengabdi dirinya pada HP sekitar 16 tahun lamanya, sehingga beliau patut menjadi contoh kisah hidup tokoh dunia kini, dia mulai merintis karir sejak tahun 1997 dan awalnya menjadi pembantu pengembangan tinta, khusus kertas foto.
Pertama kali penempatan masa kerjanya Thom Brown, di San Diego Amerika Serikat, beliau bekerja hanya untuk membantu mengembangkan tinta HP khusus untuk kertas foto, dan menjadi bagian dari berbagai divisi printing. Thom Brown yang menjadi kisah hidup tokoh dunia sebelum bekerja sebagai seorang pakar teknologi tinta saait ini, ia pernah menjadi mahasiswa di San Diego State University dan berhasil mendapatkan gelar sarjana di bidang Psikologi dan MBA.
Thom Brown tidak hanya menghabiskan banyak waktu untuk mengembangkan teknologi tinta HP, namun ia juga memiliki beberapa hobi yang dilakukan disaat waktu luangnya, yakni bermain selancar air (surfing) dan bermain musik, terkadang di saat Thom merasa jenuh, ia akan segera bermain surfing atau juga bermain musik untuk menghilangkan rasa jenuhnya.
Lalu, bagaimana dedikasi Thomas Brown untuk HP..........





Dedikasinya Untuk HP


Thom Brown yang menjadi pengembang teknologi tinta HP dengan semangat dan keuletannya telah membawanya ke berbagai Negara untuk melakukan pengujian printing di berbagai belahan dunia. Untuk saat ini Thom Brown sebagai kisah hidup tokoh dunia, telah menjadi penanggung jawab atas perbandingan, pengujian dan kualifikasi cara cetak HP. Thom bekerja dalam 1 tim pengembangan dan tim penelitian untuk dapat memastikan kemajuan pengembangan melalui inovasi perangkat HP masa depan serta kompetisi supplies dengan brand lainnya.
Thom Brown, selain menjadi pengembang teknologi tinta HP, Thom juga menjadi seorang analisis tinta yang dibuat oleh pihak ketiga, dengan membuat sebuah standar metode pengujian yang digunakan untuk menganalisis sebuah tinta, sehingga didapatkan sebuah hasil negatif dari tinta yang dibuat oleh pihak ketiga sebagai tolak ukur pengembangan untuk mendapatkan hasil yang lebih positif dalam persaingan pengembangan tinta.
Selama 16 tahun Thom Brown bekerja untuk HP, membuat Thom menjadi seorang pakar dalam berbagi hal mengenai tinta, hal tersebut terlihat dari keahliannya untuk melakukan pengetesan, kualitas, pembandingan, daya tahan print, dan kualifikasi sistem print dari hasil cetak baik gambar maupun dokumen.
Kisah hidup tokoh dunia Thom Brown, memiliki pendapat yang berbeda dengan pendapat yang banyak terdapat pada setiap orang, di mana kebanyakan orang memiliki pendapat bahwa tinta mesin pencetak termasuk dari berbagai macam zat cair yang memiliki daya jual yang mahal, namun berbeda dengan pendapat Thom, ia berpendapat bahwa menciptakan sebuah catridge yang sempurna membutuhkan waktu bertahun-tahun lamanya, hingga membutuhkan 1000 prototype lebih catridge untuk melakukan penelitian serta pengembanannya, hal tersebut berbeda jauh dengan sebuah cairan tinta.


Inkologist

HP yang telah memberikan predikat sebagai Inkologist (bisa diartikan sang ahli tinta) pada Thom, dengan bertujuan untuk dapat membangun sebuah brand image Thom menjadi seorang pakar teknologi tinta. Langkah tersebut dibuat oleh HP dengan membuat Print With Thom, yaitu saluran khusus untuk membangun brand image thome di YouTube, yang berisikan video-video mengenai teknologi printer dan tinta, hingga saat ini daftar tayang video Thom sudah melewati angka 800 lebih.
Salah satu video Thom di YouTube adalah mempresentasikan cara kerja dari sebuah mesin cetak atau print, di mana hal yang paling utama pada setiap mesin cetak atau print adalah sebuah catridge, yang berfungsi sebagai mengeluarkan warna pada kertas secara titik-titik, misalkan saja mencetak sebuah foto yang berukuran 4R, katrid mengeluarkan 35 juta titik, untuk menghasilkan sebuah foto dari data digital menjadi bentuk fisik.
Kisah hidup tokoh dunia Thom Brown, yang berlatar belakangkan bukan dari seorang teknis atau teknologi, namun dengan usaha yang keras, serta keuletan mampu membawanya hingga seperti saat ini. Berawal dari sebuah keinginan dan usaha yang kerasnya dapat membuahkan hasil yang tak pernah kita fikirkan, dari hasil karya inilah, muncul teknologi tinta terbaru yang sangat bermanfaat bagi kehidupan dimasa kini, dimana segala kebutuhan percetakan sangat tergantung dari kualitas tinta, demikian kisah hidup tokoh hidup dunia Thom Brown. (red: volt)

Posting Komentar untuk "TOKOH DUNIA MENGABDI DEMI TINTA"